Iran Tak Akan Kirim Pasukan ke Lebanon atau Gaza untuk Melawan Israel

Tiger.Web.id - Iran tidak akan mengerahkan pasukan ke Lebanon atau Gaza untuk menghadapi Israel, kata Kementerian Luar Negeri Iran pada Senin, ketika serangan Israel menargetkan sekutu-sekutunya di wilayah tersebut.

“Tidak perlu mengirim pasukan tambahan atau sukarelawan ke Republik Islam Iran,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Nasser Kanani. Ia menambahkan bahwa Lebanon dan pejuang di wilayah Palestina “memiliki kemampuan dan kekuatan untuk mempertahankan diri melawan agresi.”

Israel dalam beberapa hari terakhir melancarkan serangan udara besar-besaran di Lebanon terhadap apa yang disebut “poros perlawanan”, yaitu jaringan kelompok pejuang yang bersekutu dengan Iran di wilayah tersebut, termasuk di Suriah, Yaman, dan Irak.

Serangan Israel di Beirut pada Jumat menewaskan Hassan Nasrallah, pemimpin kelompok Hizbullah Lebanon yang telah dipersenjatai dan dibiayai oleh Republik Islam selama lebih dari tiga dekade.

“Kami belum menerima permintaan apa pun terkait hal ini dari pihak mana pun, sebaliknya, kami sudah diberitahu dan yakin bahwa mereka tidak membutuhkan bantuan pasukan kami,” kata Kanani kepada wartawan di Teheran.

Meskipun demikian, Kanani bersumpah bahwa Israel “tidak akan dibiarkan tanpa teguran dan hukuman atas kejahatan yang telah dilakukannya terhadap rakyat Iran, personel militer, dan kekuatan perlawanan.”

Juga pada Senin, Presiden Iran Masoud Pezeshkian mengunjungi kantor Hizbullah di Teheran “untuk memberikan penghormatan” kepada Nasrallah, menurut situs web pemerintah.

Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei, yang memegang keputusan akhir dalam semua urusan negara, telah bersumpah bahwa kematian Nasrallah “tidak akan sia-sia,” dan Wakil Presiden Pertama Mohammad Reza Aref mengatakan kematian Nasrallah akan membawa “kehancuran” bagi Israel.

Iran juga berjanji akan membalas pembunuhan Abbas Nilforoushan, komandan utama Pasukan Quds, cabang operasi luar negeri Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), yang tewas bersama pemimpin Hizbullah tersebut.

AL ARABIYA

TOPIK TERKAIT

Posting Komentar