Calon Kuat Menhub, Dudy Purwagandhi Punya Segudang Pengalaman di Bidang Transportasi

inilah.com

Tiger.Web.id - Melangkah pasti dengan senyum merekah, Dudy Purwagandhi saat memenuhi panggilan presiden terpilih Prabowo Subianto, pada Senin (14/10/2024). Ia datang bersama beberapa tokoh terkemuka lainnnya, untuk menjadi calon menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Usai menemui Prabowo, Dudy dengan muka ramahnya meladeni setiap pertanyaan awak media. Sayangnya, ia begitu hormat pada Prabowo sehingga tak mau membocorkan bidang atau pos kementerian mana tempat dia bertugas nantinya.

"Tidak begitu banyak beliau menyampaikan beberapa hal tunggu saja beliau. Belum spesifik (pos kementerian) nanti biar beliau yang umumkan," kata dia usai dipanggil Prabowo.

Baca juga: Total Harta Kekayaan Dyah Roro Esti, Politikus Golkar yang Dipanggil Prabowo

Dudy dikabarkan masuk dalam daftar calon menteri di kabinet Prabowo sebagai Menteri Perhubungan (Menhub). Tidak heran jika nantinya Prabowo percayakan Kemenhub di tangannya, sebab Dudy punya banyak pengalaman di bidang transportasi.

Pria kelahiran Manado, 23 September 1970 ini merupakan jajaran Dewan Komisaris PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN.  Sebelum menduduki jabatan Dewan Komisaris PLN, Dudy menjabat sebagai Direktur Seacons Trading Limited, Singapore tahun 2011-2020.

Kemudian di tahun 2018-2019, Dudy pernah menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, era Menteri Syafruddin Kambo. Dudy Purwagandhi juga pernah menjadi Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Maju tahun 2019.

Baca juga: Diminta Jadi Menkeu Lagi, Ini yang Dibahas Sri Mulyani dengan Prabowo Subianto

Sarjana hukum dari Universitas Trisakti itu juga berpengalaman di bisnis jasa transportasi. Dia tercatat pernah menjabat sebagai Komisaris PT Satui Terminal Utama tahun 2015-2019.

Kemudian Dudy juga pernah menjabat sebagai Direktur di PT Dua Samudera Perkasa tahun 2009-2011, dan perusahaan yang tergabung dalam Jhonlin Group, yakni PT Jhonlin Marine Trans tahun 2008-2009, dan PT Jhonlin Air Transport tahun 2008-2009.

PT Jhonlin Marine Trans bergerak di bidang transportasi laut atau pelayaran sebagai transportir pemuatan Cargo bijih besi maupun batubara. Sedangkan PT Jhonlin Air Transport merupakan maskapai penerbangan regional di Indonesia yang fokus melayani daerah-daerah di Kalimantan Selatan.

Pada tahun 2007-2008, Dudy pernah bekerja sebagai Internal Audit PT Dua Samudera Perkasa. Kemudian pada 2004-2007, dirinya bekerja sebabagi GA Dept. Head PT Tri Usaha Bhakti dan pada 1997-2004 dirinya menjabat sebagai Staff of Assistant BOD PT Tri Usaha Bhakti Truba (Holding).

KABAR TERKAIT

Posting Komentar