• Indonesia
  • English
  • 日本語
  • 简体中文
  • Россия
  • हिन्दी भाषा
  • ภาษาไทย
  • اَلْعَرَبِيَّةُ

Donny Ermawan Calon Menteri Apa? Ini Rekam Jejaknya di Militer hingga Dipanggil Prabowo

logo suara.com
suara.com
Donny Ermawan Calon Menteri Apa? Ini Rekam Jejaknya di Militer hingga Dipanggil Prabowo

Tiger.Web.id - Mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Kemhan), Marsekal Madya TNI (Purn) Donny Ermawan Taufanto, menjadi salah satu tokoh yang dipanggil Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Ia digadang-gadang menjadi salah seorang menteri di kabinet Prabowo-Gibran karena termasuk dalam jajaran 49 tokoh yang berkunjung ke kediaman Prabowo di Kawasan Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10/2024) lalu.

Mengutip Antara, Donny Ermawan memiliki rekam jejak panjang di TNI Angkatan Udara, hingga kini belum memberikan detail terkait posisi yang akan diembannya di kabinet Prabowo-Gibran.

Baca juga: Ahmad Basarah Temui Megawati, Laporkan Hasil Pertemuan dengan Gerindra

Saat ditanya apakah dirinya akan kembali bertugas di sektor pertahanan, Donny hanya meminta masyarakat untuk menunggu pengumuman resmi dari Prabowo Subianto.

Donny Ermawan dikenal sebagai tokoh berprestasi dengan karier yang cemerlang di TNI. Ia meraih penghargaan Adhi Makayasa pada tahun 1988 sebagai lulusan terbaik dari Akademi Angkatan Udara (AAU).

Baca juga: Bambang Pacul Ungkap PDIP Terbelah 3 Faksi, Puan Klaim Tetap Solid

Karier militer Donny dimulai sebagai penerbang tempur di Skadron Udara 15, hingga akhirnya dipercaya sebagai Komandan Pangkalan Udara Iswahyudi.

Hubungannya dengan Kementerian Pertahanan semakin erat ketika ia dilantik sebagai Sekjen Kemhan pada 6 Mei 2020. Penunjukan tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pertahanan, yang menunjukkan besarnya kepercayaan terhadap Donny untuk menjaga keamanan negara.

Sebelum itu, ia juga pernah bertugas sebagai Panglima Komando Operasi Angkatan Udara II dan Atase Pertahanan di Brazil.

Dalam perannya sebagai Sekjen Kemhan, Donny telah membuktikan kapasitasnya dalam memimpin dan mengelola berbagai tantangan di sektor pertahanan Indonesia.

Pengalamannya yang luas di dunia militer membuatnya menjadi sosok yang sangat dipertimbangkan dalam struktur kabinet Prabowo-Gibran.

Posting Komentar