• Indonesia
  • English
  • 日本語
  • 简体中文
  • Россия
  • हिन्दी भाषा
  • ภาษาไทย
  • اَلْعَرَبِيَّةُ

Kabupaten Subang Dilanda Kekeringan, PLN UIP JBT Salurkan Bantuan Air Bersih

Kabupaten Subang Dilanda Kekeringan, PLN UIP JBT Salurkan Bantuan Air Bersih

Tiger.Web.id - Memiliki penduduk yang sebagian besar bekerja sebagai petani, tentunya membuat Desa Parigimulya Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang membutuhkan pasokan air yang cukup. 

Namun yang terjadi adalah desa tersebut seringkali mengalami kesulitan pasokan air bersih sebagai kebutuhan utama dan juga penunjang aktivitas. 

Adanya kesulitan tersebut menumbuhkan inisiatif  PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah melalui Program PLN Peduli memberikan bantuan berupa sarana air bersih kepada masyarakat Desa Parigimulya, 

Bantuan ini merupakan wujud Tanggung Jawab Sosial Lingkungan PLN terhadap daerah yang menjadi wilayah kerjanya.

PLH General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah, Rifki Santoso mengatakan bahw a kini PLN terus memfokusan program TJSL yang sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang telah dicanangkan oleh PBB. 

Program bantuan ini sendiri merupakan wujud upaya PLN dalam pencapaian SDGs nomor 6, yaitu air bersih dan sanitasi yang layak.

“Dalam perjalanan kami membangun infrastruktur ketenagalistrikan, tentunya kita juga wajib memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar. Desa Parigimulya ini adalah salah satu desa yang masih mengalami kesulitan air bersih. Setelah melalui analisa dan kesesuaian dengan TPB, maka kami putuskan untuk memberikan bantuan sarana dan prasarana air bersih ini,” jelas Rifki kepada wartawan di Kabupaten Subang, Rabu (2/10/2024).

Adapun, Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Tengah 2 (UPP JBT 2) Husni Wardana menjelaskan bahwa pembangunan sarana dan prasaran air bersih ini sudah dimulai sejak bulan Agustus 2024 dan telah selesai pada akhir September.

"Diharapkan bantuan ini dapat mengurangi kesulitan air bersih yang selama ini terjadi di desa tersebut,"ujarnya. 

Selain itu, Husni juga mengharapkan agar inisiasi yang telah dilakukan PLN ini juga dapat menggerakan perusahaan lain untuk lebih memperhatikan kebutuhan masyarakat daerah di wilayah kerjanya.

“Semoga bantuan dari PLN ini bisa mengurangi beban masyarakat Desa Parigimulya khususnya dalam kebutuhan air bersih. Saya juga berharap bantuan ini bisa menjadi contoh baik bagi perusahaan lainnya untuk aktif memperhatikan kebutuhan masyarakat sekitar. Apapun bentuk bantuannya pasti akan bermanfaat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Parigimulya, Aang Suyaya menyampaikan apresiasi serta terima kasihnya kepada PLN atas bantuan yang telah disalurkan. Dusunnya merupakan salah satu daerah yang sangat kering. Bantuan sarana dan prasarana air bersih akan sangat membantu keperluan masyarakat baik sebagai kebutuhan primer dan juga penunjang. 

“Alhamdulillah adanya bantuan air bersih dari PLN, sekarang masyarakat sudah terbantu untuk kebutuhan air bersih, baik itu buat kebutuhan utama dan juga kebutuhan penunjang. Harapannya, semoga dusun lainnya juga bisa terbantu kebutuhan air bersihnya karena memang daerah Desa Parigimulya ini adalah salah satu daerah yang sangat kering,” pungkasnya. 

Posting Komentar