• Indonesia
  • English
  • 日本語
  • 简体中文
  • Россия
  • हिन्दी भाषा
  • ภาษาไทย
  • اَلْعَرَبِيَّةُ

Prabowo Diapresiasi Pilih Sosok Perempuan Tepat untuk Masuk Kabinet

logo kompas.com
kompas.com
Prabowo Diapresiasi Pilih Sosok Perempuan Tepat untuk Masuk Kabinet

Tiger.Web.id - Peneliti Politik Utama Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Prof R Siti Zuhro mengapresiasi keberadaan sejumlah tokoh perempuan yang akan masuk dalam Kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kalau ideal belum ya tapi lumayan melegakan," kata Siti Zuhro yang disiarkan Kompas TV, Rabu (16/10/2024).

Siti menyoroti sejumlah nama politisi Partai Golkar perempuan yang paling banyak dipanggil Prabowo pada Selasa (15/10/2024).

Baca juga: Cawabup 01 Mujiono Sowan ke Warga Umat Hindu di Banyuwangi, Cabup 02 Gus Makki Ngopi Bareng Pedagang Sepeda Motor

Ia mencontohkan sosok Meutya Hafid yang berpengalaman selaku Ketua Komisi I DPR RI.

"Meutya sudah teruji ya kepemimpinannya tidak sekedar anggota DPR biasa tetapi ketua komisi satu tentu malang melintang dengan bagus kinerjanya, juga seniornya Christina dan Roro sekali Golkar direkrut lebih dari tiga perempuanya. Saya lega ya," ujarnya.

Baca juga: Verrell Bramasta Banyak Dikritik Usai Jadi Anggota DPR RI, Venna Melinda: Konsekuensi Pejabat Publik

Christina Aryani merupakan kader partai Golkar yang juga anggota DPR. Dia pernah bergabung di Komisi I. Saat ini menjabat sebagai Ketua DPP Partai Golkar. Sementara itu, Diah Roro Esti merupakan politikus muda Partai Golkar yang juga menjabat sebagai anggota DPR.

Keduanya dipanggil Prabowo kemarin, Selasa (16/10/2024). Belum diketahui pasti apakah akan menjadi wakil menteri atau kepala lembaga.

Baca juga: 6 Selebritas Ini Dipanggil Prabowo Subianto, Bakal Jadi Wamen?

Lebih lanjut, Siti mengatakan, tokoh-tokoh perempuan calon menteri dalam Kabinet Prabowo-Gibran tersebut harus mampu menerjemahkan setiap kebijakan ke depannya untuk kepentingan masyarakat.

"Perempuan memiliki kualitas dan kapasitas dalam memimpin di eksekutif tidak hanya pandai cakap, tetapi eksekusi, menerjemahkan semua aturan," ucap dia.

Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto memanggil 49 calon menterinya ke Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024).

Dari puluhan puluhan tokoh yang dipanggil, terdapat enam calon menteri perempuan.

Keenam calon menteri perempuan tersebut di antaranya, Meutya Hafid (Politisi Partai Golkar), Arifah Choiri Fauzi (Muslimat NU), Widyanti Putri Wardhana (Pengusaha), Ribka Haluk (PJ Gubernur Papua Tengah), Sri Mulyani (Menteri Keuangan), Veronica Tan (Penggerak pemberdayaan Perempuan dan Anak).

Selain itu, pada hari kedua pemanggilan kandidat kabinet sejumlah tokoh perempuan yang hadir antara lain, Christina Aryani (Golkar), Isyana Bagoes Oka (PSI), Diah Roro Esti (Golkar), Prof Stella Christie (Akademisi Tsinghua University), dan Diana Kusumastuti (Kementerian PUPR).

Posting Komentar