Resmi Ditambah, DPR Bakal Sahkan 13 Komisi di Rapat Paripurna Hari Ini

suara.com

Tiger.Web.id - Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan jika lembaganya akan mempunyai 13 komisi ke depan. Jumlah tersebut merupakan hasil dari penambahan komisi yang sebelumnya hanya ada 11. 

Keputusan itu diambil dalam rapat pimpinan DPR RI dan rapat konsultasi fraksi di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/10/2024). 

"Hari ini (kemarin) kami baru selesai menyepakati bersama dengan delapan fraksi yang ada di DPR, bahwa ada penambahan dua komisi," kata Puan. 

Baca juga: Erick Thohir Tiba di Kediaman Presiden Terpilih Prabowo

Menurutnya, penambahan komisi dilakukan untuk mengantisipasi jumlah nomenklatur kementerian Prabowo Subianto mencapai angka 44-46. 

Namun, kata dia, nantinya komisi 12 dan 13 DPR masih akan menyesuaikan dinamika terkait jumlah pasti nomenklatur kementerian. 

Baca juga: Soal Isu Golkar Dapat 7 Kursi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran, Waketum: Kalau Benar, Alhamdulillah

Sementara itu, terkait pengumuman pimpinan setiap komisi dan badan DPR akan dilakukan setelah mitra komisi diumumkan. Untuk itu pihaknya masih menunggu jumlah pasti nomenklatur kementerian. 

Puan menyampaikan, DPR sendiri akan mengesahkan soal penambahan komisi menjadi 13 ini pada rapat paripurna hari ini Selasa (15/10). 

"(Hari ini) ada paripurna, pasti cepat atau lambat, setiap pimpinan fraksi akan mengumumkan setiap pimpinan komisinya. Itu hak dari setiap fraksi untuk mengumumkan," pungkasnya.

KABAR TERKAIT

Posting Komentar